Khasiat Surah Al-Ikhlas

Posted: 22 Maret 2013 in Religi
Tag:

qurqn

Teman – teman pasti tahu tentang surah Al-IKHLAS, Tapi apakah tau khasiat dari surat tersebut ?

Mungkin kebanyakan menjawab TIDAK. Saya akan mencoba memberikan sedikit informasi tentang khasiat Surah Al-Ikhlas menurut referensi yang saya punya :

  1. Abu Sa’id Al-Khanafi menerangkan : Surah ini dinamakan Al-Ikhlas. artinya bersih atau lepas maka barang siapa yang membacanya dan mengamalkannya dengan hati yang ikhlas maka ia akan dilepaskan kesusahan-kesusahan duniawi, dimudahkan dalam gelombang sakaratul maut.
  2. Ibnu Syihad Al-Zukhri menerangkan : Rasullah S.A.W bersabda : “Siapa membaca Suratul Ikhlas seolah-olah ia membaca sepertiga Al-Qur’an”.
  3. Riwayat dari Sayyidina ‘Ali r.a. :Siapa membaca Suratul Ikhlas 11 kali sesudah sembahyang subuh, maka syaitan tidak akan dapat menggodanya untuk memperbuat dosa, meskipun syaitan itu hendak bersungguh-sungguh menggodanya pada waktu itu.
  4. Sayyidah ‘Aisyah menerangkan :” Dari nabi Muhammad S.A.W. “Siapa membaca sesudah selesai sholat jum’at surat Al-Ikhlas 7 kali, Surah Al-Falaq 7 Kali, dan Surah Annaas 7 kali, maka Tuhan akan melindunginya dari kejahatan sampai kehari jum’at yang akan datang.
  5. Dari Sayyidina ‘Ali r.a. dari Rasulullah : “Siapa hendak pergi musafir kemudian ia hendak meninggalkan rumahnya, ia membacakan surat Al-Ikhlas 11 kali, maka Tuhan memelihara rumahnya sampai ia kembali”.
  6. Sayyidina Ands menerangkan dari Rasulullah S.A.W. “Siapa membaca Suratul Iklhlas 30 kali, maka Tuhan akan menulis barakah, selamat dari api neraka dan aman dari azab pada hari kiamat”.

Mungkin itu beberapa khasiat dari referensi yang saya miliki. Keyakinan hati adalah suatu kunci agar doa kita diterima.

Komentar
  1. selvirahayu15@gmail.com mengatakan:

    itu yang point ke 7 di sebut sholat apa ? niatnya gimana ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s