Pelatihan Achievment Motivation Training

Posted: 31 Maret 2013 in Other
Tag:, ,

 

amt

sejarah menunjukkan bahwa kemajuan dan kesejaheraan sangat ditentukan oleh kemampuannya dalam mengembangkan dan memanfaatkan IPTEK. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kualitas SDM yang dimiliki bangsa tersebut.

Kriteria SDM yang berkualitas dapat dilihat dari sisi keseimbangan antara softskill dan hardskill. Hardskill berkaitan dengan kemampuan akademik dan IPTEK. Sedangkan Softskill merupakan kemampuan diluar teknis dan akademis yang lebih mengutamakan kemampuan interpersonal dan intrapersonal. Kemampuan softskill seperti kemampuan seseorang  yang menyusun target masa depan, memotivasi, memunculkan kepercayaan diri, tingkah laku, jiwa kepemimpinan dll. Softskill sendiri tidak dapat dibentuk dengan seketika dan melalui jalan instant namun merupakan sebuah kebiasaan baik yang dilakukan berulang – ulang sehingga menjadi sebuah karakter.

Sistem pendidikan di SMP/MTS dan SMA/MA hanya menitikberatkan pada pemahaman hardskill dan kurangnya pembelajaran softskill yang sangat dibutuhkan oleh siswa ketika lulus kelak agar dapat berkompetisi dengan lulusan di kota lain.

Ooleh karena itu, dibutuhkan suatu solusi terhadap permasalahan yang ada mengenai rendahnya kualitas sumber daya manusia dan kualitas pendidikan siswa SMP/MTS dan SMA/MA. Pelatihan yang berupa penanaman softskill akan menunjang hardskill siswa. Oleh karena itu, semenjak dini perlu ditanamkan nilai-nilai softskill melalui pelatihan manajemen diri yang disertai media buku agenda sebgai buku penyusunan target dan monitoring target dalam perencanaan masa depan akan mengembangkan kecerdasan softskill dan menanamkan nilai positif pada anak.

Untuk itu diadakan keigiatan Achievment Motivation Training, yang bertema “Remaja Desa Berprestasi, Mewujudkan Mimpi.”

Dalam hal ini saya bersama teman-teman dari IYP (Indonesia Youth Productive) membuat acara AMT yang dilaksanakan di sekolah kami ketika SMA dulu yaitu SMA Negeri 2 Tanggul. Disini kinerja saya adalah sebagai panitia sekaligus MC acara. Ini adalah pertama kalinya saya menjadi MC. Untuk Pemberi motivasi sendiri ada 3 orang yaitu mas  Halim (Mahasiswa Prestatif dari Teknik Kimia-ITS), mas Fani (Mahasiswa Prestatif dari T. Material dan Metalurgi-ITS), mas Maktum (Mahasiswa Prestatif dari T. Kimia-ITS). Disini pemberi motivasi memang masih muda-muda, tapi jangan salah mereka sudah memiliki segudang pengalaman yang menginspirasi.

Kegiatan berlangsung sangat seru dimana adik-adik terlihat sangat antusias. Serta dengan adanya simulasi-simulasi yang dibuat oleh pemateri, membuat adik-adik lebih ke trigger motivasi mereka.

Ada 2 simulasi pertama adalah menuliskan mimpi di masa depan sebanyak-banyaknya, lalu nantinya akan dibacakan didepan dan diamini oleh seluruh orang di tempat pelatihan. Untuk simulasi kedua adalah membuat pohon harapan dimana kita menempelkan harapan kita pada pohon harapan tersebut, berharap akan bisa terwujud dimasa depan kelak. Dalam hal ini saya juga ikut menempelkan juga hehe

Ada kata-kata yang selalu saya ingat saat pelatihan yaitu “Milikilah mimpi dalam hidupmu, karena tanpa adanya mimpi hidupmu tidak akan terarah”

Semoga saya juga bisa menjadi peraih mimpi di masa depan kelak amiin

“D”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s