Menggapai Mimpi Untuk KKCTBN (Roboboat)

Posted: 17 Desember 2013 in Engineer, Maritim
Tag:, , , , , ,

IMG_20131125_024943

Nama Saya adalah Dwiki Novditya Bagaskara Utama, kelahiran jember 18 Nopember 1994 merupakan anak kedua dari orang tua saya. Saat ini berada di jurusan Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelutan ,ITS.

Bermula dari mimpi untuk mengikuti ajang kompetisi tingkat nasional yang tertulis pada 100 mimpi saya. Saya terus mencari kompetisi yang sesuai dengan bidang saya. Entah mungkin karena takdir, saya bisa bergabung dengan Tim Roboboat ITS. Pada 100 mimpi saya juga tertulis mengikuti kontes roboboat dan juga menjuarainya. Tim Roboboat ITS yang bernama Barunastra yaitu tim yang siap berkompetisi di Kontes kapal Cepat tak Berawak Nasional yang bernama

Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2013 (KKCTBN 2013) atau (Roboboat 2013), adalah kontes yang diselenggarakan untuk menguji kreativitas mahasiswa dalam mendesain badan kapal, menetapkan prinsip engine matching dan
merancang sistem otomasinya. Sistem penilaian kontes diberikan berdasarkan penguasaan medan atau lintasan yang dilalui oleh kapal. Kegiatan kontes KKCTBN 2012 terbagi atas tiga kategori lomba : 1) Kapal Autonomous (Otomatis/Sensor), 2) Kapal cepat dengan sistem manual (Remote Control), dan 3) Kapal cepat Fuel Engine (Manual System). Perbedaan penting dari ketiga kategori tersebut terletak pada sistem otomasinya dan tantangan yang harus diselesaikan.

Namun tugas yang harus diselesaikan tetap sama yaitu drag test dan manuver test, hanya saja lintasan untuk kategori autonomus sendiri yang berbeda dari dua kategori lainny a.Drag test yaitu menghitung berapa lama waktu yang bisa ditempuh kapal pada lintasan yang disediakan, sedangkan maneuver test yaitu kapal harus bisa melewati bola-bola pada lintasan, semakin banyak jumlah bola yang dilewati semakin banyak bola yang dilewati, semakin banyak poin yang diraih.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan Tuan Rumah dalam kontes tersebut. Tim BARUNASTRA yang terdiri dari NALA dan ACALENDRA-2 yang merupakan tim perwakilan dari ITS yang melakukan penelitian dengan membuat model kapal “Barunastra Nala” pada kategori Kapal Autonomous , model kapal “Barunastra Mark-III” pada kategori Kapal Cepat Sistem Manual, guna berpartisipasi dalam KKCTBN 2013. Dengan sumber daya yang ada, partisipasi Tim NALA, dan ACALENDRA-2 juga dilakukan guna menerapkan Teknologi Maritim oleh mahasiswa Indonesia pada umumnya dan mahasiswa ITS pada khususnya yang selama ini masih belum sepenuhnya menjadi tuan rumah di Laut Nusantara.

Saya tergabung di tim NALA, bersama mahasiswa-mahasiswa dari jurusan elektro, informatika dan jurusan saya sendiri. Kapal kategori autonomous harus memiliki sistem  otomatis dan sensor maka dari itu memerlukan mahasiswa yang mengerti akan hal tersebut.

Saya sendiri memegang bagian mekanik, yaitu dari pembuatan kapal, pemolesan kapal, pemasangan sistem propulsi atau penggerak,yang intinya yang berbau dengan hal-hal fisik pada kapal. Bermodal dari ilmu-ilmu yang didapat selama perkuliahan dan dari senior-senior serta teman-teman dari METIC (Marine Tecnhology and Inovation Club), tanpa adanya pengalaman dibidang tersebut dan juga masih berada di semester 3, saya tetap menekatkan diri untuk tetap membuat kapal tersebut.  Sehingga tercipta kapal berjenis Trimaran yaitu kapal yang meiliki tiga lambung kapal.

Setelah adanya seleksi proposal dari dikti, akhirnya tim Barunastra ITS yaitu tim NALA dan ACCALENDRA-2 bisa pergi menjadi finalis dimana harus bersaing dengan 9 kontestan lain dari perguruan tinggi dan poltek untuk meraih juara 1, 2, dan 3 serta best design dari tiap kategori.

Selama persiapan menuju perlombaan memang beberapa kali terjadi masalah, bahkan harus terus lembu-lembur hingga pagi selama sebulan lebih. Memang pekerjaannya lebih sering dilakukan di malam hari karena pagi dan siang hari masih tetap harus menjalankan tugas sebagai mahasiswa.

Bermodal persiapan yang lebih walaupun setiap anggota tim belum memiliki pengalaman sama sekali, tim NALA tetap menargetkan meraih juara 1. Selama perlombaan tim NALA berhasil membuat takut kontestan lain karena saat drag test mampu menjadi kapal yang tercepat yaitu 16 detik. Namun saat manuver test terjadi masalah yang menyebabkan kapal hanya mampu melewati 2 bola, padahal terdapat 4 bola dan itupun kapal harus bisa kembali melewati bola tersebut untuk menuju finish.

Penentuan juara ditentukan  dari akumulasi poin yang diraih. Saat pengumuman pemenang, tim NALA harus mengakui kekalahan untuk tahun ini. Nasib berbeda dengan tim ACCALENDRA-2 yang bisa juara 1 dan best design dikategorinya. tim NALA tahun depan tetap bertarget menjadi juara 1 dengan mempersiapkan segalanya dari dini, dan bermodal dari pengalaman tahun ini serta akan membenahi kekurangan – kekurangan yang ada pada tahun ini.

Berkat dari mimpi yang saya miliki saya akan lebih berusaha melakukan yang terbaik, mungkin kata juara memang masih belum kami raih kala itu. Tapi kami yakin Tahun depan kami akan membawa titel juara pulang amiin..

Foto -Foto Bersama Tim NALA

IMG_20131126_142205

Foto Bersama Tim NALA

IMG_20131126_162508

Foto Bersama Tim NALA

IMG_20131126_144249

Foto Bersama Tim Kampus Lain

IMG_20131126_144507

 

Foto Kapal NALA bersama kapal kampus lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s